Minggu, 29 Maret 2009

Makhluk asing

Asing, orang asing, terasing.
Kenapa bisa ada orang asing?
Apa karena terasing?
Diasingkan atau mengasingkan diri?
Tergantung konteks.
Tapi ada satu alasan yang pasti, beda.

Fisik yang notabene unsur SARA, mungkin jadi faktor utama yang ngebedain satu manusia ma manusia lainnya. Karena UU HAM kali ya penilaian berdasarkan penampilan luar ga se-ekstrim dulu. Maksudnya yang alami, bukan baju atau aksesoris yang bisa lepas pake. Tapi kalo di Amerika sono sih masih ja da diskriminasi ma kulit hitam. Di Indonesia sendiri juga ga mustahil. Kaya omongan dosen gw, "Buat temenan kita (sebagian besar orang) mungkin ga liat latar belakang mereka selama masuk kategori baik termasuk orang Afrika. Tapi buat pacaran pa lagi nikah, lebih dari 2x harus mikir ulang." Gw ga muna kalo gw setuju ma pendapat dosen gw. Sekalipun tinggal dia cowo di dunia ini. Lebay ah!

Lanjut,,
Selain physicly, persepsi juga punya pengaruh besar. Saudara kembar identik ja ga selalu punya persepsi yang sama, pa lagi beda ibu beda bapak. Walaupun negara disusun oleh orang-orang yang punya ideologi yang sama, tapi tetep ja da musyawarah yang ga selalu hasilnya mufakat buat nyatuin pendapat, mau skala kecil kaya rapat RT ato rapat besar kelas DPR-MPR. Setiap orang punya pandangan berbeda terhadap suatu masalah dan biasanya pendapat mereka sesuai ma kepentingan mereka sendiri. Itu yang bikin anggota DPR pernah gontok-gontokan n jalan-jalan jadi ricuh kalo dua partai yang kampanye ketemu. Ga usah jauh-jauh, dalam temenan ja pasti da berantemnya. Mulai dari masalah gawat ampe masalah sepele yang digede-gedein. Dah biasanya yang punya persepsi paling beda akhirnya diasingkan, terus dengan seiring waktu dia jadi mengasingkan diri karena cape beruasaha buat diterima tapi selalu dibuang.

Fiuhh..
Cape kaya gini terus. Jadi serba salah! Ngikutin omongan orang-orang bikin kita safe in this friendship kaya teori group think. Tapi kalau makan hati terus, cape juga kan. Ga punya prinsip. Tapi gw juga ga pengen kehilangan sahabat-sahabat gw. Alah,, jd curcor..

"Lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan."
Soe Hok Gie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar